Dilaporkan Kasus Dugaan Makar People Power, Eggi Sudjana Akhirnya Diperiksa Polisi

(kompas.com)

Dewi Ambarwati Tanjung, Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ( PDI-P), sudah melaporkan calon anggota legislatif dari Partai Amanat Nasional (PAN),  Eggi Sudjana. Diketahui ia melaporkan atas kasus dugaan makar dan penyebaran ujaran kebencian melalui media elektronik.

Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) Eggi Sudjana akan diperiksa polisi terkait laporan terhadap dirinya yang diduga people power alias gerakan rakyat hari ini, Jumat (26/4/2019). Eggi diagendakan akan diperiksa pada pukul 14.00 WIB. Pada Rabu (24/4/2019), Dewi Tanjung melaporkan Eggi terkait pidato seruan people power alias gerakan rakyat ke Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polda Metro Jaya. Laporan terhadap Eggi merujuk pada tuduhan makar dan melanggar undang-undang ITE.

“Sesuai surat panggilan, dipanggil Kamneg Krimum pada pukul 14.00 WIB,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol. Argo Yuwono saat dikonfirmasi, Jumat (26/4/2019).

Dewi membuat laporan serta membawa barang bukti berupa video Eggi Sudjana saat menyerukan people power. Orasi Eggi yang menyatakan people power itu tersebar di media sosial WhatsApp dan Youtube pada hari yang sama. Dari media sosial itu, Dewi mengetahuinya dan bukti rekaman video orasi Eggi juga dilampirkan dalam perlaporan ini.

“Setelah diteliti, people power itu sama dengan makar atau merebut kekuasaan yang sah (Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla). Saya sebagai warga negara merasa terganggu terhadap pernyataan itu,” tutur Dewi, Rabu (24/4/2019).

Laporan tersebut teregistrasi dengan nomor LP/2424/IV/2019/PMJ/Dit.Reskrimsus. Tindakan pidana yang dilaporkan adalah dugaan pemufakatan jahat atau makar. Selain itu, Eggi juga dilaporkan atas dugaan melanggar UU ITE Pasal 107 KUHP junctoPasal 87 KUHP atau Pasal 28 ayat (2) junctoPasal 45 ayat (2) UU RI nomor 19 tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Selain Eggi, Dewi juga melaporkan Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais terkait hal serupa. Namun, karena bukti-bukti terkait Amien Rais tidak dibawa Dewi, maka hanya melaporkan Eggi.

(viva.co.id)

Dinilai pengaruhi stabilitas keamanan

Dewi menilai, pernyataan people power yang dilontarkan Eggi bisa berpengaruh pada stabilitas keamanan Indonesia. Selain itu, pernyataan tersebut dinilai bisa memengaruhi masyarakat yang tidak paham politik.

“Pernyataan itu (people power) sudah suatu bentuk ancaman kepada stabilitas keamanan negara dan akan berdampak buruk bagi masyarakat yang enggak mengerti tentang politik,” kata Dewi.

Image result for dewi ambarwati pelapor eggi sudjana
(Tribunnews.com)

Ia telah mencoba konfirmasi kepada Eggi terkait klarifikasi pernyataannya tentang people power. Namun, Eggi tak merespons pesan yang dikirim Dewi. Atas dasar itu, Dewi melaporkan Eggi ke polisi. Dalam laporannya, Dewi membawa barang bukti berupa video yang dilampirkan dalam bentuk compact disc (CD).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *