Bikin Geger Umat Muslim, Begini Isi Cuitan Menohok Cak Nun, Warganet: Ngegas!

(alviraal.com)

Baru-baru ini warganet digemparkan dengan cuitan Cak Nun yang menyinggung soal bulan Ramadan. Tentu saja hal itu langsung menuai pro dan kontra. Tak heran jika para warganet malah asik ‘nimbrung’ di cuitan Cak Nun kali ini. Nah, kira-kira apa ya yang membuat Cak Nun jadi viral begini?

Memasuki bulan Ramadan, umat muslim menunaikan ibadah puasa. Terkait itu, di masyarakat, banyak beredar istilah ‘hormatilah orang yang berpuasa’.

Hasil gambar untuk cak nun
(tribunnews.com)

Nah, di jejaring sosial Twitter, beredar video ceramah budayawan dan ulama Emha Ainun Nadjib atau yang karib disapa Cak Nun ketika mengkritik ujaran ‘hormatilah orang yang berpuasa’ itu.

Menurut Cak Nun, ujaran tersebut salah. Cak Nun mengatakan bulan puasa mengajarkan umat muslim untuk menghormati orang lain, bukan dihormati orang lain.

“Kita berpuasa untuk menghormati orang lain, bukan untuk dihormati orang lain, ngono (begitu),” ujar Cak Nun dalam video tersebut.

Hasil gambar untuk cak nun
(mediaindonesia.com)

Cak Nun menegaskan bahwa gunanya orang berpuasa tersebut supaya bisa menghormati orang lain dan tidak meminta penghormatan orang.

“Bulan puasa kok, hormatilah orang yang berpuasa, gunane wong puoso iku den koe sinauh ngormati wong, ora njalok dihormati wong (gunannya orang yang berpuasa itu agar kamu bisa menghormati orang lain, tidak meminta penghormatan orang),” ujar Cak Nun.

Hasil gambar untuk cak nun
(tribunnews.com)

Dengan keras, Cak Nun mengatakan bahwa hanya orang tidak terhormat yang mengemis-ngemis meminta penghormatan dari orang lain.

“Hanya orang yang tidak terhormat yang meminta penghormatan orang lain, ngono (begitu) loh,” kata Cak Nun.

Menurut Cak Nun, itu pula yang menyebabkan umat Islam tidak maju-maju. Dia juga mengimbau agar tidak menggunakan tenaga hidup untuk menunggu dihormati orang, tapi justru untuk menghormati orang.

“Itu yang menyebabkan orang Islam nggak maju-maju, ulama-ulama pada ngemis. Ngemis di Bupati, ngemis di Gubernur, jangan gunakan tenaga hidupmu untuk menunggu dihormati orang. karena tenaga hidupmu habis untuk menghormati orang, gitu aja. Gak usah nunggu di kasih, kamu sibuk ngasih. Gak bisa kasih duit, ya kasih perhatian, gak punya perhatian beri kasih sayang, tidak punya kasih sayang ya sudah,” tutur Cak Nun.

Hasil gambar untuk cak nun
(tempo.co)

Rekaman ceramah Cak Nun tersebut diunggah oleh pengguna akun Twitter Buku Akik @bukuakik, pada Senin (6/5/2019).

“Kenapa harus menghormati yang tidak puasa? nih…” cuit akun @bukuakik.

Disinyalir, itu merupakan momen ketika Cak Nun memberikan ceramah di wilayah Bantul, DI Yogyakarta, pada tahun 2017.

Sejumlah warga Twitter mengamini pandangan dari Cak Nun tersebut. Salah satunya berpendapat bahwa puasa itu untuk beribadah, bukan untuk dihormati.

“Juga selalu ingat kata-kata ini: ‘puasa itu untuk ibadah, bukan untuk dihormati’. Jadi, kalau pas puasa siang-siang ada yang minum es di depan u atau warteg-warteg bergorden ya nggak usah marah. Kan niatnya buat ibadah, bukan minta untuk dihormati,” ujar warganet Zulaikha pengguna akun @Maulumega_.

“Ngegas tapi bener yah Cak Nun ini,” cuit warganet lain, @mangoodust.

7 thoughts on “Bikin Geger Umat Muslim, Begini Isi Cuitan Menohok Cak Nun, Warganet: Ngegas!

  1. Betul sekali kata cak Nun,
    Kebanyakan masyarakat diajari hal yang salah oleh pemuka agama, Ustajd dll, bahkan
    Ada komunitas yg bakar/merusak warung yg buka waktu bulan puasa,, yang namanya puasa itu hrs bisa menahan diri dari semua yg dilarang dan yg dibolehkan,

  2. Pedoman yg sebenarnya memang begitu, karna sesungguhnya orang terhomat adalah orang yg sudah bisa iklas untuk menghornati orang lain, karna karakter seperti itu salah satu ciri kas orsng Nusantara7

  3. Cak nun membahas hal yg gak penting, mengenang dan tidak mengayomi org yg berpuasa dan yg tidak puasa yg akhirnya jg multi tafsir dan pemahaman. Mungkin lebih baik bila anda katakan, ” sesungguhnya puasa itu tidak hanya menahan lapar dan haus tp belajar menjadi hamba yg lebih sabar, lebih menahan amarah, lebih ikhlas, lebih jujur, lebih rajin ibadah, intinya bertambah taqwa, dan doakan bagi saudara muslim yg belum tergerak hatinya untuk berpuasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *