Dùh, Wadah Makan AHY Pas Buka Puasa Bareng Ibu Ani Bahaya Banget!

(pinterpolitik.com)

Sejak Ibu Ani Yudhoyono sakit kanker, seluruh keluarga Yudhoyono bergantian menjaganya. Tak terkecuali anak sulungnya, Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY. AHY selalu setia bergantian dengan sang istri, Annisa Pohan menemani Ani Yudhoyono di rumah sakit bahkan sampai buka puasa bareng.

Sejak divonis mengidap kanker darah, kondisi kesehatan Ani Yudhoyono jadi sorotan. Ani Yudhoyono harus menjalani perawatan instensif di NUH Singapura seperti kemoterapi dan operasi cangkok tulang sum-sum. Selama di rawat, Ani Yudhoyono ditemani oleh keluarga, termasuk anak-anak dan menantunya.

Hasil gambar untuk ahy ibu ani
liputan6.com

Baru-baru ini putra sulungnya, Agus Yudhoyono yang mendapat giliran jaga sang ibunda. Menjalankan ibadah puasa, Agus Yudhoyono terpaksa harus berbuka puasa di rumah sakit. Namun, yang menjadi sorotan adalah wadah makan AHY.

Tampak dalam unggahannya di Instagram pada Senin (06/05), Agus Yudhoyono menemani Ani Yudhoyono makan bersama. Menu buka puasa Agus Yudhoyono terlihat berada dalam sebuah kotak styrofoam. Melansir dari One Green Planet, WHO atau Badan Kesehatan Dunia memaparkan bahwa styrofoam merupakan salah satu bahan dengan kandungan karsinogen yang buruk bagi kesehatan.

Buka Puasa di Rumah Sakit, Tempat Makan AHY Justru Bisa Sebabkan Kanker Seperti Ani Yudhoyono!
instagram.com/agusyudhoyono

Badan Internasional untuk Penelitian Kanker (IARC) meneliti kesehatan 70.000 pekerja pabrik plastik di Denmark sejak 1968 hingga 2011. Pada 1970-an, terdapat sejumlah kasus leukimia yang abnormal di antara kayawan tersebut. Mengonsumsi makanan yang bersentuhan dengan styrofoam bisa membuatnya terkontaminasi dengan bahan kimia berbahaya.

Hasil gambar untuk ibu ani dan ahy
tribunnews.com

Studi ini menjadi bukti bahwa paparan styrene dalam styrofoam bisa meningkatkan risiko kanker. Tak hanya itu, styrofoam juga bisa berdampak buruk bagi lingkungan dan membutuhkan waktu yang lama untuk terurai. Duh, ternyata wadah makan AHY justru bisa sebabkan kanker.

Apa yang membuat zat kimia di dalam Styrofoam dapat mengkontaminasi makanan? zat yang terkandung di dalam Styrofoam memang tidak langsung melebur ke makanan, tetapi ada yang memicunya, yaitu suhu makanan, lamanya kontak wadah styrofoam dengan makanan, dan tingginya lemak makanan. Semakin tinggi suhu makanan yang ada dalam styrofoam maka akan semakin mudah zat styrene berpindah ke makanan. Oleh karena itu, kemasan ini sangat tidak disarakan terutama untuk makan cepat saji.

Hasil gambar untuk styrofoam makanan berbahaya
kejoranews.com

Melihat dari banyaknya bahaya dibalik penggunaan styrofoam tentu kalian setuju bila wadah ini bukan lagi pilihan yang tepat untuk kemasan pangan, terutama untuk makanan panas dan basah. Lagi pula Badan Kesehatan Dunia WHO juga sebenarnya sudah lama melarang penggunaan styrofoam di dunia. Namun sayangnya masih banyak negara yang belum sadar terhadap bahaya-bahaya ini dan masih menggunakan styrofoam sebagai wadah makanan, salah satu contohnya di Indonesia.

Lalu kemasan apa yang aman untuk membungkus makanan produk pangan? Berikut ini alternatif kemasan yang lebih aman digunakan dibandingkan styrofoam, yaitu kemasan kaleng, kemasan berbahan alumunium foil, kemasan bahan plastik food grade, kemasan berbahan karton box, dan kemasan kertas.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *