Gregetan dengan Pemilu 2019, Pria Ini Sampai Ciptakan Robot Pembongkar Kecurangan Lho!

(pojoksatu.id)

Kalau bicara soal Pemilu 2019, tentu yang ada di pikiran kita semua adalah kecurangan hasil suara yang makin rumit. Demo sana sini pun tak bisa dihindari untuk mengusut dalang kecurangan tersebut. Namun, sosok satu ini berhasil membuat publik melongo. Pasalnya, ia berhasil menciptakan robot untuk membongkar kecurangan Pemilu 2019 yang terjadi.

Pencipta robot pemantau Situng KPU, Hairul Anas Suaidi menjadi sorotan publik usai membongkor ribuan kesalahan entry data Situng KPU. Hairul Anas menciptakan robot pemantau Situng KPU untuk mengawasi pergerakan data dalam Situng KPU.

Hasil gambar untuk hairul anas
(suara.com)

Robot ciptaan Hairul Anas merekam pergerakan data di situs KPU mulai dari data nasional hingga data TPS. Hal itu disampaikan Hairul Anas saat mempresentasikan temauannya dalam simposium ‘Mengungkap Fakta Kecurangan Pemilu 2019’ di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Selasa (14/5/2019). Simposium yang diadakan BPN Prabowo-Sandi itu juga dihadiri sejumlah tokoh seperti Amien Rais dan Rizal Ramli.

“Mungkin banyak yang belum kenal saya, lebih banyak yang kenal robot yang saya bikin. Saya pencipta robot kata orang. Saya dari Sahabat PADI ITB,” kata Anas memulai presentasinya.

Hasil gambar untuk hairul anas
(detik.com)

Anas mengaku sempat menjadi saksi ahli BPN Prabowo-Sandi di sidang Bawaslu terkait Situng KPU. Saat itu, dia mengaku ada sejumlah keganjilan pada Situng KPU yaitu publikasi Situng tidak realtime dengan database, tidak ada validasi terhadap kesalahan entri, publikasi Situng tidak berdasarkan data terverifikasi hingga master data tidak konsisten dan terintegrasi.

Hasil gambar untuk hairul anas
(detik.com)

Anas lalu menjelaskan soal screen monitoring atau robot pemantau Situng KPU buatannya itu memotret laman Situng KPU per menit, dari data nasional hingga data per TPS.

“Minta menit ke berapapun bisa kami kasih gambarnya. Jangan khawatir kalau bapak ibu menemukan kecurangan, di situng maupun kenyataan,” ujar Anas disambut tepuk tangan hadirin.

Hasil gambar untuk hairul anas
(youtube.com)

“Inilah yang disebut robot tidak ikhlas. Saya tidak ikhlas Pak Prabowo-Sandi dicuri suaranya, saya tidak ikhlas,” sambungnya.

Siapa sih Hairul Anas Suaidi ini sebenarnya? Alumni Institut Teknologi Bandung (ITB) itu adalah seorang praktisi IT. Pria asal Madura Jawa Timur tersebut itu terpanggil untuk ikut memantau Situng KPU karena tergerak usai menduga ada kecurangan.

Hairul Anas adalah Chairman dan CEO dari Edumatic International (Gemadata Groups). Alumni ITB angkatan 1996 ini merupakan caleg DPR dari PBB di Dapil Jatim XI. Kabarnya, nomor kontak Hairul Anas telah disadap setelah membongkar dugaan kecurangan Situng KPU.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *